Jelaskan Pengertian Manajemen

Share
Comment 0 reply
Jelaskan Pengertian Manajemen

Untuk memahami pengertian manajemen menjadi suatu hal yang penting untuk kalian dalam mengatur waktu yang tersedia serta mengalokasikannya untuk menyelesaikan tanggung jawab.

Maka dari itu, kalian harus memahami berbagai hal terkait manajemen seperti definisi, unsur, dan fungsi manajemen itu sendiri. Informasi selengkapnya simak baik – baik ulasan berikut ini.

Pengertian Manajemen

jelaskan fungsi-fungsi manajemen

1. Secara Umum

Secara umum, pengertian manajemen ialah sebuah proses yang mana seseorang bisa mengatur semua hal yang dikerjakan oleh individu maupun kelompok.

Manajemen ini sangat penting untuk dikerjakan untuk meraih tujuan maupun target dari individu dan juga kelompok itu secara kooperatif dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Sehingga dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu manajemen menjadi suatu kemampuan untuk mengatur sesuatu supaya tujuan yang hendak diraih bisa terpenuhi.

Sebenernya, hal itu telah kerap kali berlangsung di kehidupan nyata. Masing – masing orang juga pasti sempat mempraktikkan ilmu manajemen secara tak langsung pada setiap harinya.

2. Secara Etimologi

Secara etimologinya, pengertian manajemen berasal dari bahasa Perancis yakni “menegement” yang atinya seni untuk mengatur / mengelola sesuatu. Sementara di dalam bahasa Inggris, kata “manage” artinya mengendalikan atau mengelola.

Selain itu, manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya koordinasi, perencanaan, dan pengaturan sumber daya yang ada demi untuk meraih tujuan secara efektif sekaligus efisien.

Dengan cara menerapkan ilmu manajemen, maka diharapkan suatu hal yang tengah dikerjakan bisa selesai tepat waktu tanpa adanya hal yang sia – sia.

Tujuan tersebut dapat tercapai sebab sudah terorganisir dengan baik.

3. Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian manajemen menurut para ahli, antara lain:

a. George Robert Terry

Suatu roses khas dari berbagai tindakan, seperti pengorganisasian, perencanaan, penggerakan, serta pengawasan. Semua tindakan itu memiliki tujuan untuk meraih target dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia.

b. Mary Parker Follet

Seni untuk menyelesaikan tugas lewat perantara. Dalam hal tersebut, manajemen bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dikerjakan oleh seorang manager guna mengarahkan bawahan maupun orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya suatu tujuan.

c. Lawrence A. Appley

Keahlian untuk membangkitkan orang lain supaya bersedia untuk mengerjakan sesuatu. Tidak harus seseorang, keahlian manajemen juga bisa dimiliki oleh organisasi ataupun kelompok.

d. Ricky W. Griffin

Suatu proses perencanaan, koordinasi, organisasi, serta kontrol pada sumber daya supaya tujuan tercapai secara efektif serta efisien. Efektif dalam hal ini maksudnya tujuan tercapai sesuai dengan rencana serta efisien artinya bahwa manajemen dikerjakan secara terorganisir, cermat, serta tepat waktu.

e. Hilman

Fungsi untuk meraih sebuah target lewat perantara, dan mengerjakan pengawasan. Dengan demikian, tujuan bisa diraih bersama.

f. Megginson, Mosley dan Pietri

Pekerjaan yang melibatkan sumber daya manusia, keuangan serta fisik untuk meraih tujuan organisasi dengan mengerjakan fungsi pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan serta pengendalian.

g. Van Fleet dan Peterson

Serangkaian aktivitas yang diarahkan kepada penggunaan sumber daya secara efisien serta efektif dalam mengejar satu maupun lebih tujuan.

h. F. Taylor

Seni mengetahui apa yang harus dikerjakan, kapan harus dikerjakan serta melihat jika hal tersebut dapat dikerjakan dengan cara terbaik serta termurah.

i. Kreitner

Proses penyelesaian masalah guna meraih tujuan organisasi secara efektif lewat pemakaian sumber daya secara efisien sesuai dengan perkembangan.

j. Manullang

Seni serta ilmu pencatatan, penyusunan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan pada sumber daya manusia untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan.

k. Prajudi Atmosudirdjo

Menyelenggarakan suatu hal dengan cara menggerakkan orang – orang, uang, mesin – mesin, serta alat -alat sesuai dengan keperluan.

Fungsi Manajemen

pengertian manajemen secara umum

Fungsi dasar yang ada pada ilmu manajemen adalah elemen penting di dalam aktivitas manajemen sebagai acuan seseorang yang diberikan tugas untuk mengelola (manajer).

Manajer itulah yang nantinya akan mengemban tugas dalam memastikan jika tujuan bisa tercapai, dengan cara membuat perencanaan, koordinasi, serta pengendalian.

Nah, di dalam ilmu manajemen terdapat lima fungsi yang saling mempengaruhi satu sama lain, diantaranya yaitu:

1. Perencanaan

Fungsi perencanaan ialah hal pertama yang wajib dikerjakan oleh seorang manajer.

Dengan adanya perencanaan ini, maka manajer akan mengevaluasi semua tindakan yang dilakukan, baik yang sudah ataupun yang belum dikerjakan.

Tanpa adanya perencanaan jelas dan matang, tujuan dari aktivitas manajemen tidak akan bisa dicapai.

2. Pengorganisasian

Tujuan dari fungsi pengorganisasian adalah untuk mempermudah proses pengawasan yang dikerjakan oleh manajer.

3. Penempatan

Manajer tugasnya untuk menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan keperluan.

Dengan demikian, proses pencapaian tujuan bisa dikerjakan dengan lebih efektif dan juga efisien.

4. Pengarahan

Sebagai bentuk upaya supaya perencanaan yang sudah dibuat bisa berjalan dengan lancar, maka pengarahan perlu untuk dilakukan supaya semua hal yang dilakukan bisa berjalan sesuai dengan arahan atau rencana.

5. Pengawasan

Tujuan pengawasan yakni supaya aktivitas manajemen bisa berlangsung sesuai dengan rencana.

Apabila tidak berjalan dengan baik, maka bisa dilangsungkan proses evaluasi. Sehingga, tujuan manajemen pun bisa tercapai dengan lebih efektif sekaligus efisien.

Controlling atau pengawasan dapat berjalan dengan efektif apabila beberapa hal ini diperhatikan:

  • Routing, manajer harus mampu menetapkan cara atau jalur untuk dapat mengetahui posisi dimana sesuatu sering terjadi kesalahan
  • Scheduling, manajer harus mampu menetapkan dengan tegas kapan semestinya pengawasan tersebut dilakukan.
  • Dispatching, manajemen akan melakukan penyampaian berhubungan dengan evaluasi kinerja pada unit delegasi. Pihak manajer nantinya akan menyampaikan kesalahan serta solusi perbaikan.
  • Follow up, yakni proses tindak lanjut serta penyampaian informasi sebagai upaya untuk memperbaiki kesalahan kinerja.

Jika salah satu fungsi tersebut hilang, bukan tak mungkin aktivitas manajemen akan berakhir tidak sesuai rencana maupun tujuan.

Unsur – Unsur Manajemen

unsur-unsur manajemen

Supaya kinerja manajemen di dalam aktivitas berbisnis bisa berjalan dengan lancar, maka terdapat beberapa unsur yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Manusia

Di dalam aktivitas manajemen, sumber daya manusia akan membuat rencana serta tujuan yang ingin diraih. Maka dari itu, tanpa adanya manusia, aktivitas manajemen tidak akan pernah tercipta.

2. Material

Unsur manajemen satu ini merupakan salah satu faktor yang terpenting sebab kualitas bisnis dapat dipengaruhi oleh kualitas dari material yang digunakan.

Sehingga, apabila material yang dipilih itu buruk, maka tujuan manajemen akan sulit untuk diraih dan tidak bisa maksimal.

3. Uang

Uang juga menjadi unsur terpenting dalam kegiatan manajemen, sebab uang ini menjadi perantara utama untuk meraih suatu tujuan.

Biaya operasional di dalam suatu kegiatan manajemen tentu akan memerlukan uang supaya kegiatan manajemen bisa berjalan dengan baik.

4. Metode

Unsur satu ini akan mempengaruhi kinerja dalam suatu manajemen.

Apabila metode yang dibuat berdasarkan target, waktu, fasilitas, uang, serta aktivitas bisnis, maka kegiatan manajemen pasti dapat berjalan dengan lebih lancar.

Metode juga perlu memperoleh campur tangan manusia supaya bisa terjalin dengan baik.

5. Mesin

Mesin adalah unsur lain yang perlu untuk diperhatikan. Dengan adanya mesin maupun teknologi, pekerjaan yang dikerjakan oleh sumber daya manusia pasti akan lebih mudah.

Tujuan yang akan diraih pun akan menjadi lebih efektif.

6. Pasar

Unsur satu ini dapat dikatakan krusial sebab suatu bisnis hanya bisa berkembang apabila sudah dikenal di dalam pasar.

Unsur pasar dipengaruhi dengan unsur material sebab barang maupun jasa yang laku harus mempunyai kualitas baik.

Jenis Keilmuan Manajemen

pengertian manajemen menurut para ahli

Menjadi suatu aktivitas penting untuk dikerjakan hampir dalam semua bidang, jenis keilmuan manajemen memikiki banyak sekali jenisnya.

Beberapa jenis keilmuan manajemen seperti:

  • Manajemen strategi.
  • Manajemen administrasi.
  • Manajemen organisasi.
  • Manajemen operasional.
  • Manajemen keuangan.
  • Manajemen pemasaran.
  • Manajemen produksi.
  • Manajemen waktu.
  • Manajemen sumber daya manusia.
  • Manajemen risiko.
  • Dan yang lainnya.

Bahkan aktivitas kecil seperti mengerjakan kegiatan di rumah juga tidak jauh dari penerapan ilmu manajemen satu ini.

Sehingga secara sadar maupun tidak, siapa pun pasti pernah menerapkan ilmu manajemen di dalam kehidupannya.

Penerapan Manajemen Dalam Kehidupan Sehari – Hari

management

Disadari maupun tidak, pastinya setiap orang pernah menerapkan kegiatan manajemen.

Setiap kebiasaan yang dikerjakan sehari – hari adalah hasil dari penerapan ilmu manajemen.

Sebagai contoh yang paling sederhana ialah cara kalian dalam mengatur keuangan.

Mengelola antara pemasukan serta pengeluaran seimbang. Tidak besar pasak daripada tiang, sehingga nantinya tidak akan membebani keuangan.

Hal tersebut menjadi bukti nyata jika setiap hari kalian senantiasa menerapkan ilmu manajemen. Tidak melulu soal uang, mengatur waktu juga tidak luput dari sentuhan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari – hari.

Pada waktu sehari, kalian mempunyai waktu selama 24 jam. Dalam kurun waktu itu, kalian harus mengalokasikannya untuk keperluan istirahat, bersantai, bekerja, dan yang lainnya.

Supaya semua kegiatan itu bisa dilakukan setiap hari, maka dalam kurun waktu yang terbatas, penerapan ilmu manajemen tentu akan kalian lakukan.

Manfaat Manajemen

management development

Di dalam sebuah perusahaan, manajemen menjadi hal yang wajib untuk dijalankan dengan sebaik – baiknya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari penerapan manajemen, antaralain:

  • Mengalokasikan serta memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan efektif.
  • Perusahaan dapat memperoleh hasil yang maksimal dengan sumber daya yang mereka punya.
  • Manajemen akan memudahkan masing – masing individu dan juga kelompok dalam perusahaan guna menyajikan serta menjalankan semua kerangka kerja yang efektif.
  • Kerangka kerja di dalam jangka waktu yang panjang bahkan pendek disusun secara detail serta dapat dijalankan dengan mudah.
  • Merancang strategi guna dapat meraih tujuan secara efektif, sistematis, rasional, dan dapat dijalankan dengan mempertimbangkan seluruh aspek yang terhubung.
  • Menumbuhkan sikap profesional pada setiap individu dalam perusahaan dengan cara memberikan kepercayaan ketika menjalankan tugas yang diberikan.
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.
Tinggalkan Balasan